kompak_gt loh

forum etika bisnis dan profesi


    Etika Profesi

    Share
    avatar
    Dewi Cahyani

    Jumlah posting : 4
    Join date : 07.04.11

    Etika Profesi

    Post  Dewi Cahyani on Sun Apr 17, 2011 12:24 pm


    Etika Profesi


    Sering kita mendengar kata profesi, namun apakah kita memahami arti kata profesi ini?
    Istilah profesi adalah suatu hal yang berhubungan dengan pekerjaan seseorang dalam bidang tertentu yang dipengaruhi oleh pendidikan dan keahlian. Seseorang yang bekerja dengan keahliannya saja belum dapat dikatakan sebagai profesi. Sebuah profesi yang menuntut sebuah profesionalisme diharuskan menguasai teori secara teknis tentang pekerjaannya itu. Jadi sebuah profesi harus memiliki unsur yang lengkap dan seimbang antara teori/teknis dan praktek keahlian di lapangan. Di dalam menjalani sebuah profesi, sesorang harus bisa melaksanakan tugas atau pekerjaannya itu dengan baik dan tentunya benar menurut aturan-aturan yang berlaku di lingkungan kerjanya.
    Etika dalam berprofesi merupakan hal yang sangat penting keberadaannya karena etika ini yang akan menuntun seseorang untuk bekerja menjalankan tugasnya dengan baik. Orientasi utama profesi adalah untuk kepentingan masyarakat dengan menggunakan keahlian yang dimiliki. Akan tetapi tanpa disertai suatu kesadaran diri yang tinggi, profesi dapat dengan mudahnya disalahgunakan oleh seseorang seperti pada penyalahgunaan profesi seseorang dibidang komputer misalnya pada kasus kejahatan komputer yang berhasil mengcopy program komersial untuk diperjualbelikan lagi tanpa ijin dari hak pencipta atas program yang dikomersikan itu. Sehingga perlu pemahaman atas etika profesi dengan memahami kode etik profesi.



    Profesi dan Profesional


    Orang yang profesional menurut Kahlil Gibran adalan orang yang mencintai profesinya. Dengan mencintai profesi, orang akan terpacu untuk terus mengembangkan kemampuan yang mendukung profesi tersebut.
    Seorang profesi harus memiliki sifat-sifat sebagai berikut :
    1.menguasai ilmu secara mendalam dalam bidangnya
    2.mampu mengkonversikan ilmu menjadi keterampilan
    3.selalu menjunjung tinggi etika dan integritas profesi
    Seorang yang profesional adalah seseorang yang menjalankan profesinya secara benar dan melakukannya menurut etika dan garis-garis profesionalisme yang berlaku pada profesinya tersebut. Untuk menjadi seorang profesional, seseorang yang melakukan pekerjaan dituntut untuk memiliki beberapa sikap seperti:
    1.komitmen tinggi
    2.tanggung jawab
    3.berpikir sistematis
    4.penguasaan materi
    5.menjadi bagian masyarakat profesional
    Titik penekanan dari profesionalisme adalah penguasaan ilmu pengetahuan atau kemampuan manajemen beserta strategi penerapannya


    Sumber: http://www.vilila.com/2010/10/etika-profesi.html#ixzz1Jo2TEvkw

    [center] : flower Semoga Bermanfaat flower

      Waktu sekarang Tue Nov 21, 2017 9:53 pm